Belajar dan Bekerja di Belanda.

 
Dr. R. Teduh Dirgahayu, Direktur Program Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (PPs FTI UII) menerima kunjungan kerja Delegasi  University of Twente, Netherlands. Tampak hadir Dr. Luis Ferreira Pires, Program Director of MSc BIT, Faculty of Electrical Engineering, Mathematics and Computer Science, juga Stephan Maathuis, Faculty Director dan Janke Rademaker, International Affairs. Kunjungan ini merupakan salah satu bentuk realisasi kerjama UII dan Utwente.
 
Delegasi Twente melakukan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya silaturahmi dengan Dr. Imam Djati Widodo, Dekan FTI UII, yang didampingi Hendrik, S.T., M.Eng., SAP IHL, OCA. Ketua Program Studi Teknik Informatika dan Hanson Prihantoro, ST., MT, Koordinator Bidang Keilmuan Magister Teknik Informatika PPs FTI UII serta Izzati Muhimmah ST, MSc, PhD, Ketua Pusat Studi Informatika Medis UII. Kegiatan silaturahmi bertempat di Gedung  KH Mas Mansur, Kampus Terpadu UII (05 Oktober 2016).
 
Seusai diskusi, selanjutnya, Dr. Luis Ferreira Pires menjadi Dosen Tamu pada Studium Generale dengan Tema “Belajar dan Bekerja di Belanda”. Universitas Twente menawarkan program studi di berbagai bidang, mulai dari teknik dan ilmu pengetahuan alam hingga ilmu perilaku dan manajemen. Twente tidak menitikberatkan pada teknologi baru secara terpisah, tapi terkait dengan ilmu perilaku, sosial, dan manajemen, yang memadukan teknologi tinggi dengan sentuhan manusia. 
 
 
Reputasi kualitas pendidikan tinggi Belanda telah diakui dunia. Hal ini karena dukungan Pemerintah Belanda terhadap sistem dan kualitas pendidikannya, apalagi dengan biayanya terjangkau. Biaya kuliah S1 sekitar Rp 30-110 juta dan S2 sebesar Rp 70-220 juta pertahun. Biaya kuliah di Belanda termasuk yang terjangkau dibandingkan negara maju lainnya seperti USA, Australia, dan Inggris. 
 
Belanda merupakan salah satu negara yang royal untuk menggelontorkan dana beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa asing yang berprestasi untuk belajar di Belanda. Tidak hanya beasiswa short course namun menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa dari seluruh dunia. “Sebagai universitas riset internasional terkemuka, Universitas Twente menawarkan suasana akademis yang menginspirasi bagi mahasiswa. Kami berkomitmen untuk memadukan ilmu sosial dan teknik serta menyediakan pengajaran dan penelitian berkualitas tinggi” ujar Dr. Luis Ferreira Pires
 
 
Jerri Irgo
 

Agenda Terdekat

No events